Kamis, 04 Agustus 2016

KEUTAMAAN MEMBACA SHOLAWAT

Sholawat Nabi. Sebagai umat muslim mungkin sering mendengarkan Sholawat Nabi, baik dari majlis perkumpulan dakwah muslim maupun dari vidio atau rekaman suara. Ada juga Sholawat Nabi yang berbentuk tulisan yang dimuat di media cetak misalnya majalah islami, album dan lain sebagainya.
Di zaman sekarang ini bahkan ada sebagian orang yang membuat kelompok khusus sholawat, biasanya lantunan Sholawat Nabi dengan diiringi rebbana atau alat musik khas timur tengah.
Diantara kelompok-kelompok tersebut ada Cinta Rosul, Cahaya Rosul dan masih banyak lagi. dalam artikel ini akan membahas tentang bacaan, manfaat serta keutamaan dalam membaca Sholawat.

Pemahaman Sholawat

sholawat nabi/ pengertian sholawat
www.youtube.com

Pemahaman menurut bahasa

Sholawat adalah bentuk jamak dari kata salla atau salat yang artinya keberkahan, do’a, kesejahteraan, kemuliaan, dan ibadah. Jadi kesimpulannya sebagai berikut:
Sholawat Nabi//surat attaubah 103
“AMBILLAH ZAKAT DARI SEBAGIAN HARTA MEREKA, DENGAN ZAKAT TERSEBUT BERARTI KAMU MEMBERSIHKAN DAN MENSUCIKAN MEREKA DAN BERDO’ALAH UNTUK MEREKA. SESUNGGUHNYA DO’A KAMU AKAN MENJADI KETENTRAMAN JIWA BAGI MEREKA DAN ALLOH MAHA MENDENGAR LAGI MAHA MENGETAHUI.” (AT TAUBAH:103).

Pemahaman menurut istilah

Menurut syar’i, Shalawat memiliki maksud pujian kepada para Nabi. Alloh telah berfirman di dalam Al Qur’an surat Al-Ahzab: 56:
Sholawat Nabi/ Al Ahzab 56
ARTINYA, “SESUNGGUHNYA ALLOH DAN PARA MALAIKAT BERSHOLAWAT KEPADA NABI, WAHAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, BERSHOLAWATLAH KAMU UNTUK NABI SERTA UCAPKANLAH SALAM PENGHORMATAN KEPADANYA.” (AL AHZAB: 56)
Tafsir Ibnu Katsir menyebutkan ketika menafsirkan ayat ini bahwa Imam Bukhari meriwayatkan, Abu Aliyah berkata:
  • Apabila Sholawat dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala kepada Nabi berarti memberikan rahmat dan kemuliaan (Rahmat Tadhim).
  • Apabila Sholawat dari Malaikat kepada Nabi berarti memohon ampunan.
  • Apabila Sholawat dari golongan yang beriman (Jin dan Manusia) berarti berdo’a supaya diberikan rahman dan kemuliaan.

Bacaan Sholawat

Bacaan Sholawat ada berbagai macam, seperti Sholawat Munjiat, Sholawat Badar, Sholawat Nariyah dan lain sebagainya. Akan tetapi bacaan Sholawat yang paling umum seperti di bawah ini:
sholawat nabi/ sholawat
www.youtube.com
Dalil Al Qur’an yang memerintahkan untuk membaca Sholawat Nabi yang berbunyi:
ARTINYA: “SESUNGGUHNYA ALLOH DAN PARA MALAIKAT-NYA BERSHOLAWAT KEPADA NABI. WAHAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, BERSHOLAWATLAH KAMU UNTUK NABI DAN UCAPKANLAH SALAM PENGHORMATAN KEPADANYA.”
Dalail Hadits:
ABU HURAIRAH DI DALAM HADITSNYA BAHWA ROSULULLOH SALALLOHU ALAIHI WA SALLAM BERKATA: “JANGANLAH KALIAN MENJADIKAN RUMAH-RUMAH KALIAN KUBURAN, DAN JANGANLAH KALIAN MENJADIKAN KUBURAN SEBAGAI TEMPAT PERAYAAN, BERSHOLAWATLAH KEPADAKU KARENA SESUNGGUHNYA UCAPAN SHOLAWAT KALIAN AKAN SAMPAI KEPADAKU DIMANAPUN KALIAN BERADA.”

Allah dan Malaikat-NYA Bershalawat

sholawat nabi/kaligrafi Alloh
zaioody20.deviantart.com
Salah satu bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad Salallohu Alaihi Wa Sallam yaitu dengan memperbanyak membaca Sholawat Nabi dan memiliki kesenangan dalam melantunkannya.
Selain dari pada wujud rasa cinta kepada Nabi Salallohu Alaihi Wa Sallam, Alloh juga memerintahkan kepada umat-Nya yang beriman untuk membaca Sholawat Nabi, sebagaimana yang diperintahkan oleh Alloh bserta para Malaikat-Nya.
Perintah Alloh untuk bersholawat terdapat dalam kitab Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 56:
“SESUNGGUHNYA ALLOH BESERTA PARA MALAIKAT-NYA BERSHOLAWAT UNTUK NABI, WAHAI ORANG YANG BERIMAN BERSHOLAWATLAH KALIAN UNTUK NABI DAN UCAPKAN SALAM KEPADANYA DENGAN PENUH RASA HORMAT.”
Membaca Sholawat mempunyai berbagai macam kandungan arti

  • Jika Sholawat datang dari Alloh, berarti termasuk pemberian rahmat.
  • Jika Sholawat datangnya dari Malaikat berarti memintakan ampunan.
  • Jika Sholawat datang dari orang-orang yang beriman berarti mereka berdo’a untuk diberikan rahmat.

SUMBER http://www.tandapagar.com/sholawat-nabi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar