Knalpot motor merupakan tempat keluarnya sisa hasil pembakaran pada motor, tak heran jika komponen ini berperan penting dalam mendongkrak performa motor. Nah, kali ini saya akan membahas tutorial atau cara bagaimana membobok knalpot standar motor. seperti yang kamu ketahui, knalpot standar motor mempunyai suara bertipe silent atau cenderung bersuara pelan sesuai standar pabrikan atau undang-undang kendaraan bermotor yang berlaku. Bagi beberapa orang yang hobi modifikasi mungkin knalpot standar pabrikan dirasa terlalu mainstream sehingga perlu beberapa perubahan untuk menjadikannya semakin unik. Salah satunya dengan cara membobok, membobok knalpot mempunyai keunggulan lebih murah daripada membeli knalpot racing, menambah performa motor serta mempunyai nilai pembeda dari knalpot lainnya.
Bagi kamu yang penasaran bagaimana proses membobok knalpot yang benar, berikut ini saya akan membahasnya step by step.
Bagaimana cara membuka silincer knalpot yang tertutup? Silincer knalpot mempunyai 2 cara untuk membukanya, jika silincer sudah mempunyai baut untuk menutup sisi-sisi silincer maka kamu hanya perlu membukanya dengan cara mencopot bautnya Namun jika knalpot standar tertutup rapat maka kamu perlu melakukan pengelasan untuk membuknya. Caranya, las bagian sisi moncong knalpot dan buka moncong sehingga terlihat bagian dalam silincer. Tak perlu takut silincer bakal hancur atau penyok.
Bagi kamu yang penasaran bagaimana proses membobok knalpot yang benar, berikut ini saya akan membahasnya step by step.
Cara Membobok Knalpot Standar Motor
1. Membuka isi silincer knalpot.
Membuka moncong silincer dengan las |
Advertisement
2. Menghilangkan isi silincer knalpot standar.
Bagian dalam knalpot |
Mengubah alur keluar udara. |
3. Memperbesar moncong knalpot.
kamu bisa gunakan bantuan las untuk memperbesar diameter moncong knalpotmu.4. Membuat moncong knalpot baru.
Jika kamu memilih untuk mengeluarkan semua isi knalpot standarmu maka kamu perlu membuat ulang moncong knalpotnya. Sambungkan moncong knalpot standar yang sudah diperbesar diameternya dengan pipa besi yang sudah dilubangi terlebih dahulu seperti pada gambar. Jangan lupa juka masukkan gasswoll pada sisi-sisi knalpot agar suara knalpot tidak cempreng. Usahakan gasswoll sudah padat, lalu masukkan pipa yang yang sudah tersambung dengan moncong knalpot ke silincer knalpot.Baca juga : Cara memilih knalpot racing bersuara bagus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar